5 Resep Hidangan Tempe Sedap dan Murah Part#2

5 Resep Hidangan Tempe Sedap dan Murah Part#2
3. Tempe orek

Resep masakan sederhana berbasis tempe selanjutnya, apalagi kalau bukan tempe orek yang pas dicampur oleh hidangan apapun. Gak susah kok membuat masakan ini, kamu cuma butuh:

– Satu papan tempe Rp 5 ribu

– Empat siung bawang merah : Rp 1.500

– Dua siung bawang putih: Rp 800

– Tiga buah cabe rawit merah: Rp 2.500

– Tiga buah cabe merah besar: Rp 2 ribu

– Empat buah cabe hijau besar: Rp 2 ribu

– Gula dan garam

– Air (-+300 ml)

– Dua sendok makan minyak goreng

– Kecap manis (-+4sdm) Rp 5.000

Total: Rp 18.800

Cara membuatnya

– Iris tempe menyerong tipis atau kotak kecil. Lalu goreng setengah matang dan sisihkan

– Tumis bumbunya hingga harum, masukkan air lalu aduk dan tambahkan gula dan garam. Aduk lagi dan koreksi rasanya hingga pas.

– Saat mendidih, tuang tempe yang udah digoreng setengah matang. Aduk rata hingga bumbunya tercampur rata. Sajikan deh.

4. Tempe goreng keju

Ini mungkin jadi satu-satunya resep masakan sederhana paling ngehits. Karena, jarang banget ada yang mau repot-repot bikin tempe goreng terus dikasih keju.

– 150 gram tempe, iris tipis jadi 12 bagian lalu kukus Rp 5 ribu

– 1½ lembar keju slice, potong jadi 6 bagian Rp 5 ribu

-3 siung bawang putih, haluskan segera Rp 1.000

– 50 ml air

– 1 butir telur Rp 1.500

– garam secukupnya

– tepung panir Rp 6 ribu

– minyak untuk menggoreng secukupnya

Total: Rp 18.500

Cara membuatnya:

– Rendam tempe ke dalam larutan air, garam, dan bawang putih sampai benar-benar meresap.

– Angkat tempe, selipkan irisan keju di setiap 2 irisan tempe gulingkan ke tepung panir.

– Celupkan tempe ke dalam kocokan telur dan garam lalu gulingkan lagi ke tepung panir.

– Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Lalu, sajikan deh.

 

5. Tempe goreng doang

Kalau yang terakhir ya kamu tentu adalah resep masakan sederhana termurah di antara yang lain. Caranya juga bisa dibilang paling gampang kok. Siapin saja bahan-bahan di bawah ini.

– 1 papan tempe, potong panjang Rp 5 ribu

– 4 siung bawang putih Rp 3.500

– 1 ruas kunyit Rp 1.000

– 1 sendok teh ketumbar Rp 2.500

– sesuai selera Garam

– Air secukupnya untuk merendam tempe

Total: Rp 12 ribu

Cara membuatnya

– Haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar, tambahkan air dan garam secukupnya

– Rendam tempe dan diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit

– Goreng tempe hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan dan sajikan deh

Itulah lima resep masakan sederhana berbasis tempe yang murah meriah. Bahkan gak ada di antara resep menu ini yang harganya sampai Rp 25 ribu.

Tunggu apalagi, yuk bantu para pengrajin tempe dengan rame-rame makan hidangan tempe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *